Senin, 02 Desember 2013

POTENSI OTAK

BAGAIMANA MELEJITKAN POTENSI OTAK
Oleh: Aminatul Zahroh, S.Pd.I., M.Pd.I.

Kata Kunci: Koneksi, Sel Otak, dan Otak.

Otak merupakan benda kecil yang tak lebih dari 1.5 kg, dengan 100 miliar sel saraf aktif (neuron). Jumlah ini hampir setara dengan jumlah bintang di Galaksi Bima Sakti. Dengannya anda berpikir, berbicara, melihat, dan mencipta. Disinilah tempat kecerdasan Anda. Disini pula bersemayam kecerdasan yang lebih tinggi, yaitu intuisi. Intuisi yaitu kemampuan menerima informasi yang tidak dapat diterima oleh panca indra Anda.
Kekuatan otak tidak ditentukan oleh jumlah sel otak, tetapi oleh jumlah hubungan yang terjadi antarsel tersebut. Sel-sel otak membentuk koneksi atau hubungan dengan kecepatan 3 miliar per detik. Koneksi tersebut adalah kunci kekuatan otak. Kekuatan otak tidak ditentukan oleh jumlah sel otak, tetapi oleh jumlah hubungan yang terjadi antarsel tersebut. Koneksi antarsel adalah kunci kekuatan otak.
Ketakutan adalah pembunuh sel-sel otak. Koneksi antarsel akan berhenti bila Anda dalam suasana cemas, khawatir, dan takut. Semua ini memang manusiawi, tapi cobalah lawan kecemasan, kekhawatiran, dan rasa takut itu dengan membuat tabel positif negatif. Intinya adalah fokuskan pikiran atau konsentrasi pada hal-hal negatif. Lalu, fokuskan pikiran untuk mengubah hal-hal negatif itu menjadi positif.
Tidak sedikit orang yang cenderung hanya mengandalkan satu belahan otak saja. Jika demikian, apa yang terjadi? Tentu saja otak tidak bekerja dengan optimal dan tidak menghasilkan sesuatu yang cemerlang. Kita lebih cenderung lebih mementingkan analisis, logika, dan matematika serta jarang sekali memperhatikan atau mengoptimalkan fungsi belahan otak kanan.
Raymond Dart mengatakan bahwa kalu kita sering menggunakan dua anggota tubuh secara seimbang, berarti kita juga tengah menyeimbangkan penggunaan kedua belah otak. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali hanya melihat tanpa memperhatikan. Perhatian kepada dunia sekitar Anda akan membantu mengembangkan kemampuan otak Anda, sehingga hal-hal yang tampak biasa-biasa saja dapat dikembangkan menjadi sesuatu yang luar biasa hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar