Minggu, 03 Februari 2013

Ulama-Ulama Indonesia



ULAMA-ULAMA AWAL INDONESIA
By: Aminatul Zahroh, S.Pd.I.
Penulis Buku & Akademisi Pascasarjana STAIN Tulungagung


1.    Hamzah Fansuri
Belum ada catatan yang pasti mengenai tempat dan waktu kelahiran Hamzah Fansuri. Hanya saja ia hidup semasa Pemerintahan Sultan Alaudin Riayat Syah IV (1589-1604 M), Sultan Iskandar Muda (1607-1636 M), dan Sultan Iskandar Tsani (1636-1641 M). Adapun kota kelahirannya diperkirakan di Fansur, kota Barus.
Hamzah Fansuri belajar diberbagai daerah seperti: Aceh, Jawa, tanah Melayu, India, Persia, dan Arab. Diantara guru yang paling berpengaruh adalah Ibrahim bin Hassan al-Kurai (Madinah).

2.    Syamsudin as-Sumatrani
Beliau merupakan seorang ulama terkemuka yang berpengaruh serta berperan besar dalam sejarah pengembangan intelektualitas keislaman di Aceh pada abad ke-17 dan beberapa dasawarsa sebelumnya. Beliau merupakan orang kepercayaan Sultan Aceh.

3.    Nuruddin ar-Raniri
Nama lengkapnya adalah Nuruddin Muhammad bin Ali bin Hanji al-Hamid as-Syafi’i al-Asy’ary al-Aydarusi ar-Raniri. Beliau lahir pada pertengahan abad ke-16 di Raniri, pantai Gujarat. Beliau merupakan salah satu ulama yang berjasa menyebarluaskan bahasa Melayu di kawasan Asia Tenggara.

4.    Syekh Yusuf al-Makasary
Nama lengkapnya adalah Yusuf Tah al-Khalwati al-Makasary. Beliau dilahirkan pada 1036 H/ 1626 M. Beliau merupakan kerabat dari kerajaan Gowa. Pada tahun 1644 beliau belajar ke Makah. Syekh Yusuf diasingkan di Afrika Selatan oleh Belanda dan pada tahun 1111 H/ 1626 M. Beliau wafat dan dimakamkan di Cape Town dan makam tersebut sekarang ini disebut dengan Keramat Syekh Yusuf. Pada tahun 1705, atas desakan Sultan Abdul Jalil dari kerajaan Gowa, sisa-sisa jenazahnya dibawa pulang dan dimakamkan di Gowa (Makasar).

5.    Syekh Abdurrauf Singkel
Beliau dilahirkan di Singkel, sebelah utara Fansur (pantai barat Aceh). Beliau adalah seorang ulama yang ahli bahasa Arab. Abdurrauf memperoleh penghargaan tertinggi dari gurunya yakni Ahmad Qusyasy dengan mengangkatnya sebagai ketua Thariqat Syatariyah untuk disebarkan di kampung halamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar